Jangan Bingung, Begini Cara Tepat Isi Oli Matic CR-V Gen 2

Antoni Putro

Kapasitas oli matic CR-V Gen 2 yang tepat sangat krusial untuk menjaga kinerja transmisi otomatis kendaraan. Mengabaikan penggantian oli matic secara rutin atau menggunakan oli dengan kapasitas yang tidak sesuai dapat berujung pada kerusakan fatal.

Artikel komprehensif ini akan memandu Anda memahami kapasitas oli matic CR-V Gen 2 yang dianjurkan, jenis oli yang sesuai, dan langkah-langkah tepat untuk melakukan penggantian oli matic sendiri.

Kapasitas Oli Matic CR-V Gen 2

Menurut buku pedoman resmi Honda, kapasitas oli matic CR-V Gen 2 adalah:

  • 4,5 liter untuk penggantian oli parsial (pengurasan oli dari panci oli)
  • 8,5 liter untuk penggantian oli penuh (termasuk penggantian filter oli matic)

Namun, perlu diingat bahwa kapasitas aktual yang dibutuhkan mungkin sedikit berbeda tergantung pada tahun produksi dan tipe transmisi. Untuk memastikan kapasitas oli yang tepat, sebaiknya merujuk pada buku pedoman kendaraan Anda.

Jenis Oli Matic yang Sesuai

Honda merekomendasikan penggunaan oli matic Honda Genuine ATF-DW1 untuk CR-V Gen 2. Oli ini diformulasikan khusus untuk memenuhi spesifikasi transmisi otomatis Honda, memberikan perlindungan optimal dan performa transmisi yang halus.

Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan oli matic dari produsen ternama lainnya yang memenuhi spesifikasi Honda ATF-DW1, seperti:

  • Castrol ATF Multivehicle
  • Idemitsu ATF Type-H
  • Ravenol ATF DW1 Multivehicle

Langkah-langkah Penggantian Oli Matic CR-V Gen 2

Peralatan yang Dibutuhkan:

  • Oli matic Honda Genuine ATF-DW1 atau sejenisnya
  • Filter oli matic Honda (jika penggantian oli penuh)
  • Kunci pas atau kunci ring
  • Panci penampung oli
  • Corong
  • Kain lap

Langkah-langkah:

1. Siapkan Kendaraan

  • Parkir kendaraan di permukaan yang datar dan aman.
  • Pastikan mesin dalam keadaan dingin.
  • Amankan kendaraan dengan rem parkir.

2. Kuras Oli Bekas

  • Letakkan panci penampung oli di bawah panci oli transmisi.
  • Kendurkan baut pembuangan oli pada panci oli dengan kunci pas atau kunci ring.
  • Biarkan oli bekas mengalir hingga benar-benar habis.

3. Ganti Filter Oli Matic (Jika Penggantian Oli Penuh)

  • Lepaskan baut pada penutup filter oli matic.
  • Tarik filter oli matic lama dengan hati-hati.
  • Oleskan sedikit oli matic baru pada gasket filter oli baru.
  • Pasang filter oli baru dan kencangkan bautnya sesuai torsi yang ditentukan.

4. Isi Oli Matic Baru

  • Pasang kembali baut pembuangan oli pada panci oli.
  • Tuang oli matic baru melalui lubang pengisian oli menggunakan corong.
  • Isi oli sesuai kapasitas yang dibutuhkan, seperti yang tertera pada buku pedoman kendaraan.

5. Periksa Level Oli

  • Nyalakan mesin dan biarkan mesin idle selama beberapa menit.
  • Geser tuas transmisi melalui semua posisi (P, R, N, D).
  • Matikan mesin dan tunggu beberapa saat hingga oli mengendap.
  • Tarik dipstick oli matic dan periksa level oli.
  • Tambahkan oli jika perlu hingga mencapai tanda "Full".

6. Reset ECM

  • Lepaskan terminal negatif dari aki kendaraan.
  • Tunggu selama 10-15 menit.
  • Pasang kembali terminal negatif aki.
  • Nyalakan mesin dan biarkan idle selama beberapa menit.

Langkah reset ECM ini akan membantu komputer kendaraan mempelajari pola berkendara baru dengan oli matic baru.

Tips Tambahan

  • Ganti oli matic Honda CR-V Gen 2 setiap 30.000-40.000 km atau sesuai interval yang tertera pada buku pedoman kendaraan.
  • Gunakan oli matic yang memenuhi spesifikasi Honda ATF-DW1.
  • Jangan mencampur oli matic dari produsen yang berbeda.
  • Periksa level oli matic secara berkala, terutama sebelum perjalanan jauh.
  • Jika Anda tidak yakin dengan kemampuan Anda untuk mengganti oli matic sendiri, jangan ragu untuk membawa kendaraan Anda ke bengkel resmi atau bengkel terpercaya.

Also Read

Bagikan:

Ads - Before Footer