Perbaiki Masalah Kemiringan Roda Belakang: Panduan Langkah demi Langkah untuk Menyetel Camber

Antoni Putro

Pendahuluan

Kemiringan roda adalah sudut vertikal roda terhadap permukaan tanah. Camber positif terjadi ketika roda miring ke luar, sedangkan camber negatif terjadi ketika roda miring ke dalam. Camber yang tepat sangat penting untuk stabilitas dan penanganan kendaraan. Roda belakang yang miring dapat menyebabkan keausan ban yang tidak merata, tarikan ke satu sisi saat berkendara, dan bahkan dapat mempengaruhi efisiensi bahan bakar.

Meskipun banyak kendaraan memiliki camber roda belakang yang tidak dapat disesuaikan, ada juga beberapa yang memungkinkan penyetelan camber. Menyetel camber roda belakang sendiri dapat menjadi tugas yang cukup melelahkan, tetapi dengan mengikuti panduan langkah demi langkah ini, Anda dapat menghemat biaya tenaga kerja dan memastikan kendaraan Anda berkendara sebagaimana mestinya.

Bahan dan Alat yang Diperlukan

  • Kunci momen
  • Kunci pas atau kunci inggris
  • Shim camber
  • Level camber
  • Obeng
  • Sarung tangan
  • Kain lap
  • Penanda atau kapur

Langkah-Langkah Penyetelan Camber Roda Belakang

1. Keselamatan Pertama

Sebelum memulai, pastikan kendaraan diparkir di permukaan yang rata dan aman. Gunakan rem parkir untuk memastikan kendaraan tidak bergerak selama proses penyetelan. Kenakan sarung tangan untuk melindungi tangan Anda dari kotoran dan minyak.

2. Periksa Camber Saat Ini

Gunakan level camber untuk mengukur camber roda belakang saat ini. Tempatkan level pada permukaan roda dan catat sudutnya. Catat pembacaan untuk setiap roda belakang.

3. Identifikasi Titik Penyetelan

Titik penyetelan camber biasanya terletak pada baut atau lengan kendali yang menghubungkan roda ke sasis. Konsultasikan dengan manual servis kendaraan Anda untuk lokasi spesifik titik penyetelan.

4. Kendurkan Baut Penyetelan

Dengan menggunakan kunci pas atau kunci inggris, kendurkan baut penyetelan pada titik penyetelan. Jangan dilepas sepenuhnya, cukup kendurkan sehingga Anda dapat memutar lengan kendali.

5. Masukkan Shim Camber

Shim camber adalah pelat logam tipis yang digunakan untuk menyesuaikan camber roda. Masukkan shim di antara lengan kendali dan baut penyetelan untuk meningkatkan camber positif atau di antara baut penyetelan dan sasis untuk meningkatkan camber negatif.

6. Kencangkan Baut Penyetelan

Setelah shim terpasang, kencangkan kembali baut penyetelan menggunakan kunci momen yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan Anda. Pastikan baut dikencangkan dengan benar untuk memastikan keamanan dan stabilitas.

7. Ulangi untuk Roda Lainnya

Ulangi langkah 2 hingga 6 untuk roda belakang lainnya. Pastikan untuk memeriksa dan menyesuaikan camber roda secara merata di kedua sisi kendaraan.

8. Periksa Kembali Camber

Setelah semua roda belakang disetel, gunakan kembali level camber untuk memeriksa kembali sudut camber. Pastikan camber sekarang sesuai dengan spesifikasi kendaraan Anda.

9. Kencangkan Kembali Baut

Dengan menggunakan obeng, kencangkan kembali baut pemasangan roda untuk memastikan stabilitas dan kesejajaran yang tepat.

Tips Tambahan

  • Gunakan shim camber dengan ukuran yang tepat untuk penyesuaian yang akurat.
  • Bersihkan permukaan sebelum memasang shim untuk memastikan kontak yang baik.
  • Periksa kembali camber secara teratur, terutama setelah mengganti suku cadang suspensi atau ban.
  • Jika Anda merasa tidak yakin atau tidak nyaman menyetel camber roda sendiri, disarankan untuk membawa kendaraan Anda ke bengkel profesional.

Kesimpulan

Menyetel camber roda belakang dapat menjadi tugas yang menantang, namun dengan mengikuti panduan langkah demi langkah ini, Anda dapat menghemat biaya dan memastikan kendaraan Anda beroperasi secara optimal. Camber yang tepat sangat penting untuk stabilitas, penanganan, dan keausan ban yang merata. Dengan mengikuti langkah-langkah ini dengan hati-hati, Anda dapat memastikan bahwa roda belakang kendaraan Anda sejajar dan berkendara dengan baik.

Also Read

Bagikan:

Ads - Before Footer