Jakarta – Pajero Sport merupakan salah satu SUV tangguh dari Mitsubishi yang populer di Indonesia. Untuk pemeliharaan optimal, salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan adalah penggantian oli transmisi matik secara rutin.
Nah, bagi pemilik Pajero Sport tahun 2010 yang penasaran berapa liter oli matic yang dibutuhkan, berikut ulasan lengkapnya.
Kapasitas Oli Matic Pajero Sport 2010
Menurut buku panduan resmi Mitsubishi, kapasitas oli matic Pajero Sport 2010 bervariasi tergantung pada jenis transmisi yang dimiliki. Terdapat dua jenis transmisi yang tersedia untuk Pajero Sport 2010, yakni:
- Transmisi Otomatis 4-Percepatan: Kapasitas oli matic adalah 4,6 liter.
- Transmisi Otomatis 5-Percepatan: Kapasitas oli matic adalah 7,1 liter.
Jenis Oli yang Direkomendasikan
Selain memperhatikan kapasitas oli, jenis oli yang digunakan juga sangat penting. Mitsubishi merekomendasikan penggunaan oli transmisi matik ATF SP-III untuk Pajero Sport 2010.
ATF SP-III merupakan oli transmisi matik yang diformulasikan khusus untuk kendaraan Mitsubishi dengan performa tinggi. Oli ini memiliki viskositas yang sesuai dan aditif yang membantu melindungi komponen transmisi matik dari keausan dan kerusakan.
Cara Mengganti Oli Matic Pajero Sport 2010
Penggantian oli matic Pajero Sport 2010 sebaiknya dilakukan di bengkel resmi atau bengkel spesialis yang berpengalaman. Berikut langkah-langkah umum penggantian oli matic:
- Panaskan mesin mobil selama beberapa menit untuk mengencerkan oli.
- Angkat mobil dengan dongkrak atau gunakan lift.
- Cari bak transmisi matik dan lepas baut pembuangan oli.
- Biarkan oli lama mengalir keluar sepenuhnya.
- Putar baut pembuangan kembali dan kencangkan.
- Lepas baut pengisian oli dan masukkan selang funnel.
- Tuang oli matic baru sesuai kapasitas yang ditentukan.
- Periksa ketinggian oli dengan dipstick.
- Nyalakan mesin dan biarkan transmisi bekerja pada semua gigi.
- Periksa kembali ketinggian oli dan tambahkan jika perlu.
Waktu Penggantian Oli Matic Pajero Sport 2010
Frekuensi penggantian oli matic Pajero Sport 2010 tergantung pada beberapa faktor, seperti:
- Pemakaian kendaraan: Untuk pemakaian normal, oli matic sebaiknya diganti setiap 40.000 – 60.000 km atau 2 tahun sekali.
- Kondisi berkendara: Jika kendaraan sering digunakan di medan off-road atau membawa beban berat, penggantian oli matic sebaiknya dilakukan lebih sering.
- Jenis oli yang digunakan: Oli matic sintetis biasanya memiliki umur pakai yang lebih panjang dibandingkan oli mineral.
Gejala Oli Matic Pajero Sport 2010 Harus Diganti
Berikut beberapa gejala yang menandakan bahwa oli matic Pajero Sport 2010 perlu diganti:
- Transmisi sulit dipindahkan: Oli matic yang sudah aus dan kotor dapat menyebabkan kesulitan memindahkan gigi transmisi.
- Suara kasar atau getaran pada transmisi: Oli matic yang tidak cukup dapat menyebabkan suara kasar atau getaran saat transmisi bekerja.
- Bau terbakar: Bau terbakar dari oli matic menandakan bahwa oli tersebut sudah rusak dan harus segera diganti.
- Kebocoran oli matic: Periksa bagian bawah mobil apakah ada kebocoran oli matic. Kebocoran oli dapat menyebabkan kerusakan serius pada transmisi.
Kesimpulan
Kapasitas oli matic Pajero Sport 2010 bervariasi tergantung pada jenis transmisi yang dimiliki, yaitu 4,6 liter untuk transmisi 4-percepatan dan 7,1 liter untuk transmisi 5-percepatan. Mitsubishi merekomendasikan penggunaan oli transmisi matik ATF SP-III.
Penggantian oli matic sebaiknya dilakukan secara rutin sesuai rekomendasi pabrik atau bengkel spesialis. Gejala seperti kesulitan memindahkan gigi, suara kasar, bau terbakar, atau kebocoran oli dapat menandakan bahwa oli matic perlu segera diganti.