Berapa Liter Oli Matic Pajero Sport 2010? Ini Jawabannya yang Pasti!

Adhitia Hermawan

Bagi pemilik mobil Mitsubishi Pajero Sport tahun 2010, mengganti oli transmisi matik secara tepat sangatlah penting untuk menjaga performa dan ketahanan mobil kesayangan Anda. Salah satu hal krusial yang perlu diketahui adalah berapa liter kapasitas oli yang dibutuhkan untuk Pajero Sport 2010.

Dalam artikel ini, kami akan mengulas secara detail berapa liter oli matic Pajero Sport 2010 yang dibutuhkan, beserta informasi terkait jenis oli yang direkomendasikan, cara penggantian oli matic, dan tips perawatan transmisi matik yang baik.

Berapa Liter Oli Matic Pajero Sport 2010?

Kapasitas oli transmisi matik pada Mitsubishi Pajero Sport 2010 bervariasi tergantung pada jenis mesin yang digunakan. Terdapat dua pilihan mesin untuk Pajero Sport 2010, yaitu:

  • Mesin 2.5L Direct Injection (4D56)
  • Mesin 3.2L Direct Injection (4M41)

Untuk mesin 2.5L Direct Injection (4D56), kapasitas oli transmisi matik yang dibutuhkan adalah 8,3 liter. Sedangkan untuk mesin 3.2L Direct Injection (4M41), kapasitas oli transmisi matik yang dibutuhkan adalah 10 liter.

Catatan: Kapasitas oli tersebut merupakan kapasitas total yang dibutuhkan, termasuk oli yang berada di konverter torsi.

Jenis Oli Matic yang Direkomendasikan

Penggunaan oli transmisi matik yang tepat sangat penting untuk menjaga performa dan ketahanan transmisi matik Pajero Sport 2010. Mitsubishi merekomendasikan penggunaan oli transmisi matik dengan spesifikasi berikut:

  • Diamond ATF SP III
  • JASO 1A
  • ILSAC GF-5

Spesifikasi oli tersebut dapat ditemukan pada label kemasan oli transmisi matik. Pastikan untuk menggunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi tersebut untuk menghindari masalah pada transmisi matik.

Cara Penggantian Oli Matic Pajero Sport 2010

Penggantian oli transmisi matik Pajero Sport 2010 disarankan dilakukan secara berkala setiap 40.000 km atau 2 tahun, mana yang lebih dulu tercapai. Berikut adalah langkah-langkah umum penggantian oli matic pada Pajero Sport 2010:

  1. Siapkan oli transmisi matik baru sesuai kapasitas yang dibutuhkan.
  2. Siapkan alat-alat yang diperlukan, seperti kunci inggris, kunci pas, wadah untuk menampung oli bekas, dan corong.
  3. Panaskan mesin kendaraan selama kurang lebih 10 menit agar oli transmisi matik menjadi hangat.
  4. Posisikan kendaraan pada permukaan yang rata, matikan mesin, dan aktifkan rem parkir.
  5. Buka baut penguras pada bak oli transmisi matik dan kuras oli bekas ke dalam wadah yang telah disiapkan.
  6. Tutup kembali baut penguras setelah semua oli bekas terkuras.
  7. Buka baut pengisian pada bak oli transmisi matik dan isi oli baru menggunakan corong.
  8. Isi oli sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan.
  9. Periksa level oli menggunakan dipstick oli transmisi matik dan pastikan berada pada level yang ditentukan.
  10. Nyalakan mesin kendaraan dan biarkan idling selama beberapa menit.
  11. Periksa kembali level oli transmisi matik dan pastikan masih berada pada level yang tepat.

Catatan: Penggantian filter oli transmisi matik disarankan dilakukan bersamaan dengan penggantian oli transmisi matik.

Tips Perawatan Transmisi Matic Pajero Sport 2010

Agar transmisi matik Pajero Sport 2010 tetap awet dan bekerja dengan baik, berikut adalah beberapa tips perawatan yang dapat Anda lakukan:

  • Ganti oli transmisi matik secara berkala sesuai interval yang disarankan.
  • Gunakan oli transmisi matik yang sesuai dengan spesifikasi yang direkomendasikan.
  • Hindari mengemudi dengan kasar atau melakukan akselerasi yang berlebihan.
  • Lakukan servis transmisi matik secara rutin di bengkel resmi atau bengkel terpercaya.
  • Periksa level oli transmisi matik secara berkala menggunakan dipstick.
  • Segera perbaiki jika terjadi kebocoran oli transmisi matik.

Dengan mengikuti tips perawatan tersebut, Anda dapat memperpanjang usia pakai transmisi matik Pajero Sport 2010 dan menjaga performa mobil kesayangan Anda tetap optimal.

Also Read

Bagikan:

Ads - Before Footer