Berapa Liter Oli Matic Pajero Sport 2010 yang Tepat? Simak Panduan Lengkapnya

Adhitia Hermawan

Pengenalan
Mitsubishi Pajero Sport merupakan salah satu SUV tangguh yang populer di Indonesia. Generasi pertamanya yang hadir pada tahun 2010, dikenal dengan performa mesin yang mumpuni dan fitur yang lengkap. Salah satu aspek penting dalam perawatan Pajero Sport 2010 adalah penggantian oli transmisi matik. Nah, berapa liter oli matic Pajero Sport 2010 yang dibutuhkan? Simak panduan lengkapnya berikut ini.

Jenis Oli Matic Pajero Sport 2010
Sebelum membahas jumlah oli yang dibutuhkan, penting untuk mengetahui jenis oli matic yang direkomendasikan untuk Pajero Sport 2010. Manual book resmi dari Mitsubishi merekomendasikan penggunaan oli transmisi otomatis genuine Mitsubishi SP III. Oli ini dirancang khusus untuk kendaraan Mitsubishi, termasuk Pajero Sport.

Kapasitas Oli Matic Pajero Sport 2010
Kapasitas oli matic Pajero Sport 2010 bervariasi tergantung pada tipe mesin yang digunakan. Ada dua tipe mesin yang tersedia pada Pajero Sport 2010, yaitu mesin diesel 4D56 dan mesin bensin 6B31.

  • Mesin Diesel 4D56: membutuhkan oli matic sebanyak 8,3 liter saat penggantian penuh (drained and refilled).
  • Mesin Bensin 6B31: membutuhkan oli matic sebanyak 5,7 liter saat penggantian penuh.

Catatan: Penggantian oli matic secara rutin sangat penting untuk menjaga kinerja transmisi yang optimal. Interval penggantian oli matic pada Pajero Sport 2010 adalah setiap 40.000 km atau 2 tahun, tergantung mana yang tercapai lebih dulu.

Tanda-Tanda Oli Matic Perlu Diganti
Ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa oli matic Pajero Sport 2010 perlu diganti, di antaranya:

  • Warna oli berubah menjadi gelap atau keruh: Ini merupakan tanda bahwa oli telah terkontaminasi dan kehilangan kemampuan pelumasnya.
  • Transmisi terasa slip atau kasar saat perpindahan gigi: Ini dapat disebabkan oleh oli matic yang kotor atau kurang.
  • Muncul suara dengung atau getaran dari transmisi: Suara yang tidak biasa ini bisa jadi berasal dari oli matic yang sudah aus.

Langkah-Langkah Penggantian Oli Matic Pajero Sport 2010
Penggantian oli matic Pajero Sport 2010 sebaiknya dilakukan oleh mekanik berpengalaman. Berikut adalah langkah-langkah umum yang dilakukan:

  1. Siapkan alat dan bahan: Oli matic baru, saringan oli baru, kunci-kunci yang dibutuhkan, dan wadah untuk oli bekas.
  2. Angkat mobil: Angkat Pajero Sport menggunakan dongkrak dan pastikan terpasang dengan aman.
  3. Lepaskan baut drain: Buka baut drain pada dasar transmisi untuk mengalirkan oli matic lama.
  4. Ganti saringan oli: Lepaskan filter oli yang lama dan pasang filter oli yang baru.
  5. Tutup baut drain: Kencangkan kembali baut drain saat oli sudah terkuras.
  6. Isi oli matic baru: Gunakan corong untuk mengisi oli matic baru melalui lubang pengisian.
  7. Periksa level oli: Gunakan dipstick untuk memeriksa level oli matic dan pastikan berada pada level yang tepat.
  8. Hidupkan mesin: Jalankan mesin selama beberapa menit dan pindahkan tuas transmisi melalui semua posisi gigi.
  9. Periksa kebocoran: Periksa apakah ada kebocoran dari transmisi atau jalur oli.

Kesimpulan
Dengan mengetahui jumlah liter oli matic Pajero Sport 2010 yang tepat dan mengikuti tanda-tanda serta langkah-langkah penggantian yang benar, Anda dapat memastikan kinerja transmisi yang optimal dan memperpanjang usia pakai kendaraan kesayangan Anda. Namun, selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan mekanik ahli untuk perawatan dan perbaikan yang lebih komprehensif.

Also Read

Bagikan:

Ads - Before Footer