Kendaraan niaga ringan Mitsubishi L300 dikenal sebagai andalan bisnis karena ketangguhan dan kapasitas muatnya yang besar. Dalam sistem transmisi, L300 bensin mengandalkan susunan gigi yang tertata apik untuk menyalurkan tenaga mesin ke roda penggerak. Berikut panduan lengkap susunan gigi transmisi L300 bensin.
1. Transmisi Manual
Gigi 1
Gigi pertama pada transmisi manual L300 bensin memiliki rasio gigi 3,902. Gigi ini dirancang khusus untuk memberikan torsi maksimal saat memulai gerakan dari posisi diam atau saat kendaraan melaju di tanjakan yang curam.
Gigi 2
Gigi kedua memiliki rasio gigi 2,294. Rasio gigi yang lebih tinggi memungkinkan kendaraan untuk berakselerasi lebih cepat dibandingkan dengan gigi pertama. Gigi ini cocok digunakan saat kendaraan melaju di kecepatan rendah hingga sedang.
Gigi 3
Dengan rasio gigi 1,482, gigi ketiga memberikan keseimbangan antara akselerasi dan efisiensi bahan bakar. Gigi ini ideal untuk melaju di jalanan yang relatif datar atau saat mendahului kendaraan di kecepatan yang lebih tinggi.
Gigi 4
Gigi keempat memiliki rasio gigi 1,000. Ini adalah gigi langsung, yang berarti poros masukan dan keluaran transmisi berputar pada kecepatan yang sama. Gigi ini digunakan untuk mempertahankan kecepatan jelajah di jalan raya atau jalan tol.
Gigi 5 (Overdrive)
Gigi kelima pada transmisi manual L300 bensin adalah gigi overdrive dengan rasio gigi 0,835. Saat gigi overdrive diaktifkan, putaran mesin akan berkurang pada kecepatan yang sama. Hal ini dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi kebisingan mesin.
2. Transmisi Otomatis
Gigi 1
Transmisi otomatis pada L300 bensin juga memiliki gigi pertama dengan rasio gigi 3,727. Rasio gigi yang lebih rendah ini memberikan torsi awal yang cukup untuk memulai gerakan dari posisi diam.
Gigi 2
Gigi kedua memiliki rasio gigi 2,222. Sama seperti pada transmisi manual, gigi ini digunakan untuk akselerasi awal dan melaju di kecepatan yang lebih rendah.
Gigi 3
Gigi ketiga memiliki rasio gigi 1,392 dan digunakan untuk akselerasi dan perpindahan gigi yang mulus. Gigi ini cocok digunakan saat kendaraan melaju di kecepatan menengah.
Gigi 4 (Overdrive)
Gigi keempat pada transmisi otomatis memiliki rasio gigi 0,997 yang hampir sama dengan gigi langsung pada transmisi manual. Gigi ini digunakan untuk melaju di kecepatan jelajah dan meningkatkan efisiensi bahan bakar.
Gigi 5 (Overdrive)
Transmisi otomatis juga dilengkapi dengan gigi overdrive kelima dengan rasio gigi 0,750. Gigi ini memberikan pengurangan putaran mesin yang lebih besar dan meningkatkan efisiensi bahan bakar saat melaju di kecepatan yang lebih tinggi.
Tips Pemeliharaan Susunan Gigi Transmisi
Untuk menjaga performa optimal susunan gigi transmisi L300 bensin, penting untuk melakukan perawatan secara rutin. Berikut beberapa tipsnya:
- Lakukan penggantian oli transmisi secara berkala sesuai dengan rekomendasi pabrikan.
- Gunakan oli transmisi yang direkomendasikan untuk kendaraan Anda.
- Periksa level oli transmisi secara rutin dan tambahkan jika diperlukan.
- Hindari berkendara dengan gigi yang tidak sesuai atau memaksa perpindahan gigi.
- Perhatikan tanda-tanda kerusakan seperti kebocoran oli, suara berisik, atau kesulitan perpindahan gigi.
- Segera bawa kendaraan ke bengkel resmi jika mengalami masalah pada transmisi.
Dengan perawatan yang tepat, susunan gigi transmisi L300 bensin akan memberikan performa yang andal dan efisien selama bertahun-tahun mendatang.